Airportman.id – Airport Council International (ACI) pada tanggal 10 Februari 2022 lalu mengumumkan 200 bandara di seluruh dunia yang mendapatkan pengakuan “the Voice of the Customer”. Pengakuan tersebut diberikan kepada bandara-bandara yang memprioritaskan untuk mendengarkan dan beradaptasi dengan pelanggan selama pandemi.
Untuk memenuhi syarat, bandara harus mengumpulkan tiga atau perempat atau lebih data melalui program Airport Service Quaity (ASQ). Pengharaan ini terpisah dari ASQ Awards, yang pemenangnya diumumkan pada bulan Maret.
“Pandemi telah menyebabkan perubahan substansial dalam perilaku manusia dan memicu serangkaian harapan baru yang memengaruhi bagaimana produk dan layanan harus dialami-dari mempriortitaskan kesehatan hingga peningkatan digitalisasi seperti titik sentuh tanpa kontak,” kata Direktur Jenderal ACI World, Luis Felipe de Oliveira. “The Voice of the Customer menyoroti komitmen berkelanjutan dari bandara untuk memahami harapan yang berkembang dari pelanggan akhir, masyarakat yang bepergian, di masa-masa yang penuh tantangan ini.”
“Penelitian ACI mengungkapkan bahwa kepuasan penumpang secara langsung berdampak pada pendapatan non-aeronautika bandara, sebuah area yang akan memainkan peran yang semakin penting dalam pemulihan bisnis bandara. Program ASQ, program pengukuran dan benchmarking pengalaman pelanggan bandara terkemuka di dunia, memainkan peran sentral dalam membantu bandara mempertahankan dan memperkuat keunggulan kompetitif mereka dan berkontribusi pada pemulihan jangka panjang yang berkelanjutan.”
Di antara 200 bandara di seluruh dunia tersebut, 21 bandara di Indonesia juga turut mendapatkan pengakuan, yaitu:
Presiden Direktur PT. Angkasa Pura II (AP II), Muhammad Awaluddin mengatakan, “Sangat penting memahami pelanggan, khususnya di tengah pandemi COVID-19 yang penuh tantangan ini. AP II berkomitmen mendengar suara dan masukan traveler agar customer experience tetap terjada di segala situasi. Kami berterima kasih kepada ACI yang telah memberikan apresiasi ACI World’s Voice of the Customer sejalan dengan survei yang digelar AP II pada 2021 untuk mendengar suara traveler untuk layanan di titik keberangkatan, kedatangan dan komersial.”
Airportman.id adalah sebuah platform media online. Apa yang membuat kami berbeda dengan platform lain adalah kami berfokus pada dunia bandar udara. Komitmen kami adalah untuk memberikan edukasi dan informasi tentang segala sesuatu yang berkaitan dengan industri, teknologi, ekosistem maupun kegiatan di bandar udara. Airportman.id juga menjadi wadah untuk berdiskusi, menyampaikan uneg-uneg, pendapat, kritik, saran maupun gagasan yang membangun untuk memajukan dunia kebandarudaraan di Indonesia dan dunia.