Bandara Internasional Dubai Masih Menjadi Bandara Tersibuk di Dunia

Photo: dubaiairports.ae

Airportman.id – Bandara Internasional Dubai (DXB) masih memegang gelar bandara tersibuk di dunia pada tahun 2021, menjadi yang kedelapan kalinya berturut-turut. Sebanyak 29.110.609 penumpang dilayani sepanjang 2021 atau tumbuh 12,7% dibandingkan 2020. Jumlah tersebut didorong oleh pertumbuhan jumlah penumpang dalam kuartal keempat (Q4) 2021 yang tercatat 11.794.046 penumpang atau 77% lebih tinggi dibanding kuartal sebelumnya.

CEO Bandara Dubai, Paul Griffiths, menjelaskan, walau masih dalam situasi yang tidak pasti terkait pandemi covid-19, 2021 adalah tahun yang penting dan menjadi tonggak sejarah bagi DXB, antara lain DXB menjadi tuan rumah acara akbar Dubai Airshow 2021, pameran dan pertunjukan udara besar pertama di dunia sejak awal pandemi. Selain itu DXB juga membuka kapasitas operasional menjadi 100% dengan dibukanya kembali Concourse A dan Concourse D Terminal 1. DXB juga membuka laboratorium dalam bandara terbesar di dunia untuk pemrosesan cepat sampel uji PCR Covid-19 bagi pengunjung Dubai. Bandara Dubai juga menyambut rekor jumlah maskapai baru yang menghubungkan Dubai dengan tujuan-tujuan baru dan bergabung dengan seluruh kota dalam menciptakan sambutan yang hangat bagi jutaan pengunjung ke Expo 2020 Dubai.

“Meski gejolak yang belum pernah terjadi sebelumnya mempengaruhi jutaan orang di seluruh dunia, kami mengatasi banyak hambatan serius untuk pengoperasian hub internasional terbesar di dunia dan menyediakan perjalanan yang lancar, nyaman dana man bagi jutaan orang yang bepergian melalui DXB. Kinerja luar biasa oleh seluruh staf dan pemangku kepentingan kami tercapai dalam menghadapi perubahan peraturan perjalanan yang tiba-tiba dan kekhawatiran tentang gelombang infeksi baru. Terlepas dari tantangan serius untuk kesuksesan berkelanjutan kami, kami berhasil melampaui perkiraan kami sendiri dan terus mempertahankan mahkota kami sebagai bandara internasional tersibuk di dunia,” jelas Griffiths.

“Dengan pembukaan kembali pasar-pasar utama yang sangat dinanti-nantikan seperti Australasia dan pelonggaran lebih lanjut peraturan perjalanan di seluruh dunia, prospek tahun 2022 sangat menjanjikan dan kami berada dalam posisi yang sangat baik untuk terus memimpin sektor perjalanan udara dunia menuju pemulihan”

Prakiraan saat ini mengindikasikan trafik penumpang DXB diperkirakan dapat mencapai 55,1 juta penumpang di akhir tahun 2022, dan bisa saja terlampaui apabila tren yang ada saat ini terus berlanjut.

Airportman Indonesia

Airportman Indonesia

Bagikan artikel ini di media sosial Anda:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

id_IDIndonesian