Airportman.id – Sepanjang tahun 2021, Bandara Internasional Hamad (HIA) mencatatkan kinerja positif di tengah ketidakpastian situasi pandemi COVID 19 yang memukul industri penerbangan di seluruh dunia.
Bandara Internasional Hamad mencatat kenaikan jumlah penumpang sebesar 41,37% dibanding tahun 2020 atau total 17.702.635 penumpang dilayani sepanjang 2021. Jumlah tonase kargo yang ditangani melonjak 20,71% atau sebesar 2,58 juta ton. Jumlah pergerakan pesawat tercatat sebesar 169.909 pergerakan atau meningkat 28,12% dibanding tahun 2020. Dan yang terakhir adalah jumlah destinasi keberangkatan bertambah 8 destinasi atau menjadi total 156 destinasi di tahun 2021. Dhaka, Male, Dubai, Kathmandu dan London termasuk di antara tujuan keberangkatan tersibuk dari Bandara Internasional Hamad.
COO Bandara Internasional Hamad, Engr. Badr Mohammed Al Meer, mengatakan, “Di saat industri penerbangan dunia mengalami tahun yang penuh gejolak lagi, HIA unggul dan tetap menetapkan tolok ukur dan pencapaian baru, yang mencerminkan dedikasi bandara untuk memastikan kesehatan penumpang dan pegawai. Bandara Qatar mempertahankan prosedur keselamatan yang ketat untuk memastikan pengalaman penumpang yang bebas dari rasa khawatir, membentuk kemitraan baru untuk memajukan visi HIA untuk keberlanjutan dan inovasi teknologi, dan memperluas penawaran gaya hidup bagi penumpangnya.”
Al Meer menambahkan, “Sebagai mitra resmi dari FIFA World Cup Qatar 2022™ yang semakin dekat, HIA berharap dapat menciptakan pengalaman penumpang baru di bandara, sambal menjaga keselamatan dan kesehatan mereka sebagai inti dari operasi kami. Bandara Qatar menyadari pentingnya Piala Dunia bagi para penggemar yang datang – banyak dari mereka terbang melintasi dunia untuk menyaksikan perhelatan tersebut. Kami senang menyambut mereka dengan pengalaman tak tertandingi yang layak mereka dapatkan.”
Pada tahun 2021, HIA memenangi penghargaan “Best Airport in the World 2021” oleh SKYTRAX World Airport Award 2021. Pelayanan dan komitmen yang sangat baik untuk memastikan pengalaman yang tak terlupakan juga membantu HIA menerima penghargaan “Best Airport Staff in the Middle East” dan “Best Airport 25 to 35 million Passengers”. Konsistensi HIA untuk tetap menjadi yang terdepan dalam industry ini, dan dalam memerangi pandemic COVID-19, juga mengantarkan bandara tersebut mendapatkan pengakuan sebagai “Best Airport Staff in the Middle East” dan “COVID-19 Airport Excellence”.
Baru-baru ini, HIA juga berinvestasi untuk masa depan yang hijau atau ramah lingkungan melalui pengenalan langkah-langkah berkelanjutan di Oryx Airport Hotel. Hotel tersebut telah berhasil mengganti semua botol plastic yang biasa digunakan dengan wadah yang lebih ramah lingkungan, bersamaan dengan serangkaian inisiatif yang bertujuan untuk meningkatkan dampak lingkungan yang positif dari bandara.
Melengkapi pengalaman penumpang di HIA, Qatar Duty Free (QDF) juga memimpin upaya penting dalam memperluas penawarannya di bandara terbaik dunia tersebut. QDF meluncurkan berbagai konsep baru, took-toko bermerk dan gerai makanan dan minuman termasuk Adidas Store, Apple Shop dan Hublot, rumah pembuat jam tangan mewah Swiss, yang secara resmi meluncurkan butik ritel perjalanan pertamanya di wilayah tersebut.
QDF juga memperkenalkan Viale Del Lusso, yang menampilkan butik bandara pertama Valentino di Timur Tengah, butik bandara pertama Emilio Pucci di Timur Tengah, Fendi dan Jimmy Choo, serta Emporio Armani Ritorante dan Emporio Armani Caffe pertama di bandara secara global.
QDF juga mengamati pertumbuhan pendapatan yang kuat dibandingkan 2019, didorong oleh lebih dari 70% peningkatan Sales-Per-Passenger (SPP) di HIA, yang menegaskan perombakan ekstensif QDF dan perluasan portofolio belanja dan makan selama periode lalu lintas berkurang selama pandemi.
Ekspansi HIA, yang saat ini dalam Fase A, akan meningkatkan kapasitas HIA menjadi lebih dari 58 juta penumpang setiap tahun pada tahun 2022 dan Fase B, yang akan dimulai setelah FIFA World Cup Qatar 2022™, akan meningkatkan kapasitas HIA menjadi lebih dari 60 juta penumpang.
Ekspansi yang sedang berlangsung meningkatkan penawaran multi-dimensi dari bandara bintang lima dan memungkinkan arus penumpang untuk terhubung secara mulus dengan terminal yang ada. Penumpang akan disambut dengan pengalaman bandara yang efisien, termasuk jarak perjalanan yang diminimalisir untuk konektivitas. Kejelasan dan pencarian arah yang intuitif adalah fitur tambahan yang akan dimanfaatkan oleh wisatawan. HIA semakin mengurangi tingkat stres saat bepergian dengan tambahan hutan hujan dan taman yang rimbun sebagai bagian dari terminalnya yang diperluas.
MATAR, perusahaan Qatar untuk Operasi dan Manajemen Bandara, telah secara proaktif membuat rencana operasi bandara terkonsolidasi untuk menyelaraskan dan mengoordinasikan kegiatan pemangku kepentingan utama dan memberdayakan mereka untuk meningkatkan kesiapan mereka untuk FIFA World Cup Qatar 2022™.
MATAR dan HIA juga bersiap untuk menangani kebutuhan kelompok penumpang yang berbeda yang diharapkan untuk acara besar tersebut. Bersama dengan terminal penumpang utama, HIA memiliki terminal khusus yang berdiri sendiri sebagai titik utama untuk memproses kedatangan dan keberangkatan tim dan delegasi FIFA.
HIA juga telah memperkenalkan pelatihan staf untuk menyesuaikan karyawan HIA dengan rencana dan persiapan penting bandara untuk Piala Dunia dan menyelaraskan semua anggota dengan tujuan Qatar untuk menghasilkan turnamen besar yang sukses.
Di 2021 tidak diragukan lagi, kita melihat HIA dan Qatar Airways menjadi entitas berpengaruh yang ditegaskan kembali oleh industri penerbangan internasional dan penumpang. Ketika industri perjalanan global masih terus menghadapi pandemi, terbukti bahwa operasi bandara yang aman dan pengalaman penumpang yang aman sangat penting untuk membangun kembali kepercayaan dalam perjalanan udara. HIA akan terus memperkuat operasinya dengan keahlian dan kolaborasi terdepan untuk menghadirkan pengalaman bandara yang mulus dan aman bagi penumpang globalnya.
Pada tahun 2022, HIA sekali lagi menjadi pesaing untuk penghargaan “World’s Best Airport 2022” SKYTRAX dan bertujuan untuk mempertahankan peringkatnya sebagai Bandara Terbaik di Dunia berdasarkan operasi bandara yang tak tertandingi dan keunggulan layanannya. Penghargaan Bandara Dunia SKYTRAX didasarkan pada nominasi pelanggan di seluruh negara dan bandara global. Survei menilai kepuasan penumpang di 39 indikator kinerja utama untuk layanan dan produk bandara, termasuk check-in, kedatangan, transfer, belanja, keamanan, imigrasi, dan keberangkatan. Untuk mempertahankan posisi terdepan, penumpang didorong untuk memilih HIA dengan mengunjungi situs web SKYTRAX World Airport Survey.
Airportman.id adalah sebuah platform media online. Apa yang membuat kami berbeda dengan platform lain adalah kami berfokus pada dunia bandar udara. Komitmen kami adalah untuk memberikan edukasi dan informasi tentang segala sesuatu yang berkaitan dengan industri, teknologi, ekosistem maupun kegiatan di bandar udara. Airportman.id juga menjadi wadah untuk berdiskusi, menyampaikan uneg-uneg, pendapat, kritik, saran maupun gagasan yang membangun untuk memajukan dunia kebandarudaraan di Indonesia dan dunia.