Foster + Partners Memenangkan Kompetisi Desain Bandara Baru di Polandia

Photo by Foster + Partners

Airportman.id – Konsorsium Foster + Partners dan Buro Happold telah memenangkan kompetisi desain bandara baru di Polandia, Bandara Centralny Port Komunikacyjny (CPK), antara Warsawa dan Łódź. Bandara baru ini direncanakan sebagai pertukaran transportasi abad ke-21, menyatukan udara, kereta api, dan jalan raya.

Desain yang diusung diupayakan untuk mencapai keseimbangan antara efisiensi operasional, tanggung jawab lingkungan, dan ekspresi simbolis yang mencerminkan identitas nasional Polandia.

Dikutip dari website resmi Foster + Partners, visi bandara CPK mencakup interchange plaza yang akan dipenuhi oleh tanaman hijau subur dan dibanjiri cahaya alami. Orang-orang akan berkumpul di plaza tersebut sebelum bepergian atau menyambut pengunjung.

Plaza tersebut menyatukan tiga moda transportasi utama: udara, kereta api dan jalan yang bertindak sebagai titik fokus skema dan dapat mendukung pergeseran menuju sarana perjalanan yang lebih efisien dan berkelanjutan.

Plaza juga akan dapat mengakomodasi teknologi yang muncul di masa depan. Ide desainnya mencakup atap berkubah sederhana yang terus menerus yang secara intuitif mengarahkan penumpang dari plaza menuju pesawat.

Grant Brooker, Head of Studio Foster + Partners, mengatakan: “Kami bangga dan bahagia dipilih oleh CPK sebagai desainer proyek ini. Dalam kolaborasi, kami akan bekerja sama untuk menciptakan model untuk desain transportasi masa depan yang sepenuhnya terintegrasi. Kami percaya bahwa proyek ini akan sepenuhnya merevolusi perjalanan di seluruh negeri dan sekitarnya. Visi bentuk arsitektur tenunan secara sengaja dan tegas diungkapkan. Itu bisa membentuk bangunan dan memandu penumpang melalui ruangnya, sementara juga berfungsi sebagai referensi simbolis yang kuat untuk warisan budaya Polandia yang kaya dan kekuatan persatuan rakyatnya.”

Bandara CPK pada tahap awal direncanakan mampu untuk melayani hingga 40 juta penumpang per tahun, dan mencapai 65 juta penumpang per tahun pada tahap akhir pengembangan di tahun 2060.

Foster + Partners merupakan firma arsitektur asal London, Inggris yang didirikan oleh Lord Norman Foster sejak tahun 1967. Karya-karya mereka antara lain adalah Bandara Tocumen di Panama, Bandara Queen Alia di Yordania, dan banyak lainnya. 

Airportman Indonesia

Airportman Indonesia

Bagikan artikel ini di media sosial Anda:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

id_IDIndonesian