KA Bandara Internasional Yogyakarta Segera Beroperasi secara Komersial Besok

Bandara Internasional Yogyakarta

Airportman.id – Direktur Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan Zulfikri mengatakan bahwa Kereta Api Bandara Internasional Yogyakarta (YIA) akan beroperasi secara komersial pada tanggal 17 September besok, setelah sebelumnya telah dilakukan soft launching pada tanggal 27 Agustus 2021.

Zulfikri menyebutkan bahwa tarif Kereta Bandara telah ditetapkan oleh pemerintah sebesar Rp 20 ribu untuk ruti Yogyakarta – Bandara YIA, Rp 10 ribu untuk ruti Yogyakarta – Wates dan Rp 20 ribu untuk Wates – Bandara YIA.

Sementara itu untuk jadwal perjalanan Kereta Api Bandara masih sama dengan jadwal pada saat uji coba yaitu sebanyak 8 kali per hari, yaitu 4 kali dari Stasiun Yogyakarta dan 4 kali dari Stasiun Bandara YIA.

Setelah dilakukan uji coba dengan tarif gratis pada tanggal 1-16 September, Zulfikri melihat bahwa antusiasme masyarakat cukup tinggi. “Saya mengapresiasi pelaksanaan uji coba dengan masyarakat kemarin karena ternyata antusiasmenya cukup tinggi, dengan jumlah penumpang hingga tanggal 13 September mencapai 3.646 orang. Saya berharap kedepannya masyarakat Yogya dapat terus memanfaatkan KA Bandara YIA untuk mobilitas dari dan ke Bandara serta untuk kegiatan harian lainnya.” ujarnya.

Dikutip dari website resmi Dirjen Perkeretaapian, beroperasinya KA Bandara YIA sekaligus wujud komitmen Direktorat Jenderal Perkeretaapian untuk selalu hadir dalam rangka memberikan kemudahan aksesibilitas dan konektivitas antar moda, sehingga diharapkan mampu mendorong masyarakat menggunakan transportasi umum, khususnya kereta api. “Selain untuk meningkatkan perekonomian, manfaat yang tidak kalah penting dari keberadaan KA Bandara YIA ini adalah mengurangi tingkat kemacetan yang bisa menimbulkan biaya tinggi dan pengurangan polusi udara”. Pungkas Zulfikri.

Airportman Indonesia

Airportman Indonesia

Bagikan artikel ini di media sosial Anda:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

id_IDIndonesian