Terminal 5 Bandara Changi: Dirancang Tahan Pandemi dan Ramah Lingkungan

Photo by Changi Airport Group

Airportman.id – Perdana Menteri Singapura, Lee Hsien Loong, memperkenalkan desain Terminal 5 Bandara Internasional Changi (SIN) dalam acara Prime Minister’s National Day Rally 2022 pada hari Minggu (21/08/2022).

Terminal 5 (T5) akan berlokasi di dalam area pengembangan Changi East seluas 1.080 hektar yang hampir seluas lahan Bandara Changi saat ini. T5 diklaim mampu menangani sekitar 50 juta penumpang per tahun, dan akan dirancang dengan fleksibilitas untuk dibangun dalam dua fase, sejalan dengan pertumbuhan lalu lintas.

Pengembangan T5 ini sebenarnya sudah diumumkan pertama kali pada tahun 2013,  dan proyek tersebut ditangani oleh Kementerian Transportasi, Otoritas Penerbangan Sipil Singapura dan Changi Airport Group.

Dalam perjalanannya, karena pandemi COVID-19, pengembangan T5 dihentikan sementara. Selama waktu tersebut, ketiga pihak tersebut melakukan peninjauan kembali terhadap desain T5 dengan membuatnya lebih modular, tangguh dan berkelanjutan.



Konstruksi T5 diharapkan akan dimulai dalam waktu sekitar dua tahun, dan ditargetkan beroperasi sekitar pertengahan 2030-an. 

Dalam pidatonya, Lee Hsien Long mengatakan, “Ketika selesai pada pertengahan 2030-an, T5 akan menunjukkan kepada dunia seperti apa Singapura itu.”

Kapasitas tambahan dari T5 ini akan memperkuat posisi Bandara Changi sebagai hub udara utama di kawasan. 



Dalam press release-nya, Changi Airport Group menjelaskan bahwa T5 akan dirancang dengan fleksibilitas untuk beroperasi sebagai sub-terminal yang lebih kecil bila diperlukan, dengan ruang yang dapat diubah untuk digunakan selama kontingensi, seperti untuk operasi pengujian atau pemisahan penumpang berisiko tinggi.

Selain itu akan T5 akan menggunakan sistem tanpa kontak (contactless system) di titik kontak (touchpoint) penumpang, serta sistem ventilasi yang ditingkatkan yang dapat diaktifkan selama pandemi untuk meningkatkan penggunaan udara segar dan meminimalkan pencampuran udara.

Selain desain bangunan yang ramah lingkungan dengan sertifikasi Green Mark Platinum Super Low Energy Building oleh Building and Construction Authority, T5 juga akan menyiapkan infrastruktur yang mendukung penggunaan Sustainable Aviation Fuel (SAF).

Airportman Indonesia

Airportman Indonesia

Bagikan artikel ini di media sosial Anda:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

id_IDIndonesian