Skyports akan Mengembangkan Vertiport Uji Coba Pertama di Eropa

Foto: Skyports

Airportman.id – Skyports, perancang, pengembang, dan operator vertiport terkemuka di dunia sedang mengembangkan vertiport uji coba pertama di Eropa yang berlokasi di Prancis. Vertiport sendiri merupakan fasilitas atau area pendaratan untuk pesawat eVTOL (Electric Vertical Take-Off and Landing) yang saat ini sedang dikembangkan oleh pabrikan seperti Airbus, Volocopter, Vertical Aerospace dan lainnya. Vertiport ini rencananya akan dioperasionalkan untuk mendukung peluncuran layanan komersial Advanced Air Mobility (AAM) seperti taksi udara tepat pada saat gelaran Olimpiade Paris di tahun 2024.

Program pengembangan vertiport ini merupakan bagian dari Re.Invent Air Mobility Initiative yang dipimpin oleh operator bandara Prancis Groupe ADP, operator transportasi public Prancis RATP Group dan Choose Paris Region, sebuah instansi milik pemerintah Prancis untuk bisnis dan inovasi. Program ini juga didukung oleh French Civil Aviation Authority (DGAC) sebagai otoritas penerbangan sipil di Perancis dan juga European Union Aviation Safety Agency (EASA).

Vertiport uji coba tersebut akan dirancang, dibangun dan dioperasikan oleh Skyports di Cergy-Pontoise Airfield, sebuah lapangan terbang kecil di barat laut Paris yang dioperasikan oleh Groupe ADP. Vertiport uji coba tersebut pada awalnya akan memungkinkan peserta untuk menguji dan menyempurnakan aspek teknologi dan operasional dari AAM. Lokasi lapangan terbang Cergy-Pontoise sendiri memungkinkan program tersebut berjalan dalam kondisi bandara yang beroperasi, walaupun dengan lalu lintas yang terbatas.

Chairman dan CEO Groupe ADP, Augustin de Romanet mengatakan, “Lapangan terbang Pontoise kami menggabungkan ekosistem yang unik seputar mobilitas udara baru dan platform uji coba yang kami luncurkan belum pernah terjadi sebelumnya di Eropa. Ini akan berfungsi sebagai eksperimen konkret untuk mengeksplorasi bidang kemungkinan penerbangan terdekarbonasi dan inovatif, serta untuk mengembangkan pasar penerbangan.”

Baca Juga: IATA Terbitkan Cetak Biru untuk Memulihkan Mobilitas Global

Vertiport uji coba ini akan dilengkapi dengan serangkaian teknologi termasuk biometric identity management, peralatan pengisian ulang daya untuk eVTOL, teknologi kemampuan kesadaran situasional, dan stasiun cuaca. Data yang dikumpulkan selama tahap pengujian akan menjadi penting untuk pengembangan kerangka peraturan AAM. Selain itu vertiport uji coba yang dibangun oleh Skyports dengan teknologi modular sehingga dapat dengan mudah direlokasi ke lokasi baru di akhir program uji coba.

CTO Skyports, Ankit Dass mengatakan, “Teknologi akan memainkan peran penting dalam memastikan keselamatan dan efisiensi operasional vertiport. Integrasi teknologi adalah inti dari desain, pengembangan dan pengoperasian vertiport kami. Di Skyports, kami mengembangkan sistem kami bekerja sama dengan produsen kendaraan, operator dan perusahaan teknologi penerbangan terkemuka.”

Pengumuman dari uji coba vertiport di Prancis hanya seminggu setelah Skyports menyelesaikan kesepakatan dengan LAZ Parking untuk membangun fasilitas eVTOL serupa di Los Angeles. Sebelumnya mereka juga mengantongi kesepakatan infrastruktur AAM di Asia dan kontrak pengiriman drone di seluruh Eropa.

Airportman Indonesia

Airportman Indonesia

Share this article to your social media:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

en_USEnglish